Orang yang Baik

pointblanking.blogspot.com
Kebanyakan manusia sangat senang jika menasehati orang lain, mengkritik orang lain. Itu adalah fitrah untuk hal-hal yang kita dapatkan dalam sebuah lika-liku kehidupan, karena mereka juga berharap, nasehat dan kritikan mereka itu menjadi pengaruh dalam hidup orang lain. 

Mengejutkan memang
jika melihat orang lain tidak sesuai dengan kehendak kita, sehingga otak mengakses sebagai sebuah kejanggalan yang harus segera dibasmi. Apakah anda salah satunya? Tentu. Kita semua adalah salah satunya. Apakah anda orang yang baik? Sebagian besar orang akan menjawab, bahwa diri mereka masih banyak kekurangan, namun dalam hati mereka sendiri mengakui bahwa mereka adalah orang baik. Mengakui dalam hati bahwa ada orang yang lebih buruk dari dia.

Dan memang begitulah fitrah manusia yang sering disebut ego.

Sehingga banyak orang yang kurang menyadari bahwa mereka membutuhkan nasehat sehingga hanya berdiam diri dan menyimpan semua kekurangan yang ada. Menganggap bahwa mereka sudah baik dan sangat baik. Cukup. Itu sudah cukup membuktikan bahwa mereka tidak butuh nasehat.

Contohnya saja, banyak yang memberi nasehat atau pernyataan-pernyataan yang bersifat membangun atau memberikan semangat pada awal-awal tahun baru. Bagus memang, mereka punya segumpal kata motivasi untuk mempengaruhi mindset orang-orang yang membacanya. Apakah mereka orang yang baik? Sudah pasti. Tapi apakah benar-baik? Hmm...

Saya terkejut dengan seorang  teman saya. Dia adalah seorang wanita disaat semua orang yang saya kenal memberikan pernyataan-pernyataan, kritik-kritik yang membangun kepada orang lain, teman saya yang satu ini malah sebaliknya. Dia mengatakan bahwa dia masih banyak kekurangan, dan untuk memulai kegiatan di tahun yang baru, dia butuh nasehat-nasehat yang membangun. Apa dia orang yang baik? Saya mengatakan bahwa dia adalah orang yang baik, bahkan sangat baik. Orang-orang disekitarnya juga pasti akan berpikiran yang sama dengan saya.

Akhirnya ketika dia meminta nasehat seperti itu, banyak yang memberi nasehat kepadanya, tapi saya hanya mengatakan, sesungguhnya orang yang meminta nasehat adalah orang yang bisa menasehati dirinya sendiri. Kenapa? Karena orang yang meminta nasehat adalah orang yang selalu sadar akan kekurangan dirinya, dan tanpa ragu bertekad untuk mengubahnya menjadi lebih baik. 

Justru orang-orang seperti itulah yang terlihat baik di mata orang lain. 

Dan jadilah Manusia yang anda Impikan!!!

3 comments: